Blog yang menjelaskan berbagai hal mengenai Ebook, Teknologi, Info Jurusan dan lain - lain dari berbagai sumber.

Senin, 01 Agustus 2016

Mengenal Jurusan Meteorologi dan Prospek Kerjanya

 Metereologi



Assalamualaikum wr.wb

Hai pembaca, setelah sekian lama tidak membuat artikel, diartikel kali ini saya ingin memberika sedikit refrensi bagi pembaca - pembaca sekalian yang mungkin sedang mencari sebuah jurusan atau hanya sekedar inigin tau saja. Baiklah jurusan yang saya maksud adalah jurusan Metereologi, dan juga akan saya berikan sedikit gambaran mengenai prospek kerjanya kedepan bila pembaca mengambil jurusan Metereologi.

Menurut data yang saya dapat, metereologi adalah  ilmu yang mempelajari tentang bumi dan gejala-gejalanya, yang terkait dengan komponen bumi yang berupa gas atau biasa disebut udara.  Jadi, metereologi tidaklah mempelejari mengenai meteor. Metereologi sendiri terdapat banyak cabang, seperti :


Meteorologi pertanian

Pakar meteorologi, ilmu tanah, hidrologi, dan agronomi seringkali bekerja sama mempelajari efek cuaca dan iklim terhadap pertumbuhan tanaman, hasil pertanian, efisiensi penggunaan air, fenologi perkembangan hewan dan tumbuhan, dan keseimbangan energi ekosistem. Mereka juga tertarik untuk memahami bagaimana vegetasi dan makhluk hidup mempengaruhi cuaca dan iklim.


Meteorologi penerbangan

Meteorologi penerbangan berhubungan dengan dampak cuaca pada lalu lintas udara. Meteorologi penerbangan penting bagi kru penerbangan untuk memahami implikasi dari cuaca untuk rencana penerbangan dan pesawat mereka.


Meteorologi militer

Meteorologi militer adalah riset dan aplikasi dari meteorologi untuk kepentingan militer, seperti memperhitungkan kondisi cuaca untuk taktik strategi tertentu, memastikan keamanan penerbangan pesawat militer dan lepayaran kapal militer, hingga aplikasi cuaca buatan untuk menyerang musuh.


Hidrometeorologi

Hidrometeorologi adalah cabang meteorologi yang berhubungan dengan siklus hidrologi, suplai air, dan statistik hujan. Hidrometeorologi menyiapkan dan mengeluarkan ramalan cuaca mengenai akumulasi kuantitatif dari presipitasi, hujan dan salju besar, dan lokasi yang akan terpengaruh dan berpotensi mengalami banjir. Biasanya jangkauan pengetahuan yang digunakan membutuhkan kemampuan klimatologi dan cabang ilmu bumi lainnya.

Meteorologi maritim


Meteorologi maritim berhubungan dengan peramalan gelombang laut dan angin untuk operasi kelautan dan perkapalan.

Mata Kuliah Yang Dipelajari Dijurusan Metereologi


Jika pembaca telah mengambil jurusan Metereologi maka pembaca akan banyak mempelajari pelajaran - pelajaran yang berkisar di bidang Ilmu Statistika, Fisika, Kimia, Komputasi Meteorologi, Pengamatan udara, Analis Cuaca dan Prakiraan Cuaca


Standar Kompetensi Jurusan Meteorologi :


Setelah 1 (satu) tahun mengikuti pendidikan, Taruna STMKG memiliki kompetensi sesuai dengan jurusannya, yaitu : Mampu melakukan kegiatan pengamatan/observasi meteorologi permukaan, meteorologi penerbangan, meteorologi maritim dan meteorologi udara atas.
Setelah menyelesaikan pendidikan selama 4 (empat) tahun, Taruna STMKG memiliki kompetensi sesuai dengan jurusannya, yaitu : Mampu melakukan kegiatan analisa/prakiraan meteorologi penerbangan, meteorologi maritim dan meteorologi untuk pelayanan umum.

Seringkali kita bingung dan tidak menemukan alasan kenapa cuaca tiba-tiba berubah, dari panas menjadi hujan, atau kenapa turun salju, dsb. Hal ini yang akan pembaca sekalian pelajari di program studi Meteorologi. Pembaca tentunya mengetahui cuaca dan iklim dapat sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia. Contohnya saja petani menentukan musim panen dengan melihat cuaca dan iklim, pengetahuan ini sudah diketahui oleh nenek moyang kita sejak lama. Namun, banyak yang tidak dapat menjelaskan hal tersebut secara ilmiah. Dengan adanya ilmu meteorologi, hal itu dapat dijelaskan secara logis. Gejala-gejala alam lainnya seperti puting beliung, angin topan, dsb juga akan dipelajari pada program studi Meteorologi. Tidak hanya mempelajari mengapa bencana alam tersebut terjadi, namun pembaca juga akan mempelajari apa yang dapat dilakukan oleh manusia untuk menanggulangi dan meminimalisir dampak dari bencana alam tersebut.

Lalu bagaimana keterkaitan ilmu meteorologi dengan ilmu-ilmu lainnya. Tentu saja banyak sekali, misalnya dengan ilmu Arsitektur. Dengan pengetahuan para ahli meteorologi, maka para arsitek dapat mendesain bangunan-bangunan sesuai dengan kondisi iklimnya. Di Eropa sebagai contoh, karena sering terjadi salju bahkan badai, maka bangunan-bangunan atapnya dibuat dengan kemiringan yang besar agar salju yang tidak sempat menumpuk di atas tetapi cepat meluncur ke bawah. Contoh lainnya adalah desain rumah di Jepang. Ternyata penggunaaan bahan baku kayu sebagai bahan utama rumah-rumah di Jepang juga disesuaikan dengan kondisi iklim dan cuaca di sana. Karena sering terjadi gempa, maka material terbaik yang dapat digunakan adalah kayu, karena kayu cenderung akan lebih lentur.
Selain itu pada program studi Meteorologi, teman-teman juga akan belajar beberapa perangkat lunak yang dapat dipergunakan untuk memprediksi cuaca, dan ilmu-ilmu yang terkait tentang itu.


Prospek Kerja Lulusan Jurusan Metereologi



Pada prinsipnya, kompetensi lulusan Meteorologi adalah memprediksi dan mengetahui bagaimana kecenderungan gejala-gejala cuaca dan keterkaitannya dengan kehidupan manusia. Beberapa bidang dan instansi yang bisa pembaca masuki setelah menjadi sarjana Meteorologi adalah sebagai berikut :

Akademisi
Menjadi staff pengajar di perguruan tinggi negeri maupun swasta

Pertanian
Bidang pertanian merupakan bidang yang paling banyak membutuhkan ilmu Meteorologi, seorang sarjana Meteorologi dapat menjadi analis di bidang ini.

Instansi Pemerintahan
Khususnya di Badan Meteorologi dan Geofisika, BPPT, dan institusi sejenis. Sarjana Meteorologi sangat dibutuhkan untuk melakukan analisis terhadap cuaca dan membuat prakiraan cuaca. Disamping itu menjadi dosen Meteorologi di Perguruan Tinggi Negri, menjadi peneliti di LIPI dan RISTEK.

Industri
Sarjana Meteorologi dapat menjadi ahli atau konsultan dalam membuat alat-alat yang terkait dengan bidang Meteorologi.

Peneliti
Menjadi peneliti di institusi-institusi dan badan riset pemerintah maupun swasta.

Sekian artikel saya mengenai jurusan Metereologi, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian dan menjadi amal jariyah bagi saya, Amin. Saya mohon maaf apabila ada kesalahan dalam artikel kali ini.


Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar

Text Widget

Copyright © Ilmu Pengetahuan | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com