Blog yang menjelaskan berbagai hal mengenai Ebook, Teknologi, Info Jurusan dan lain - lain dari berbagai sumber.

Selasa, 31 Mei 2016

Kuliah Jurusan Ilmu Hubungan Internasional dan Prospek Kerjanya

Hubungan Internasional

Assalamualaikum wr.wb

Baiklah pembaca, kali ini saya ingin sedikit mendeskripsikan tentang sebuah jurusan yang ada didunia perkuliahan. Jurusan tersebut adalah Jurusan Ilmu Hubungan Internasional dan sekalian membahas mengenai beasiswanya. Jadi Jurusan Ilmu Hubungan Internasional adalah sebuah jurusan yang mempelajari pembuatan kebijakan, teori hubungan internasional, aktor-aktor internasional, keamanan dan perdamaian internasional, regionalisme, organisasi internasional, studi strategis, studi perdamaian, politik internasional, ekonomi internasional, globalisasi dan isu-isu global, ekonomi politik internasional, hubungan internasiona, politik identitas, studi kawasan Eropa, Amerika, Australia dan Pasifik, Timur Tengah, Asia dan banyak lagi. 

Jurusan Hubungan Internasional - HI adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari fenomena interaksi diantara aktor2 hubungan internasional. Aktor disini bukan hanya negara lo, tapi juga bisa non-negara misal organisasi internasional, perusahaan multinasional, dll. Atau dengan kata lain Ruang lingkup hubungan yg mencakup semua interaksi yang berlangsung lintas batas Negara. Hubungan Internasional, merupakan salah satu ilmu sosial (social science) yang bermula di Eropa tepatnya di London School of Economics, Inggris. Dalam dunia internasional, jurusan ini kenal juga dengan International Studies, International Relations, dan Global Affairs.

Di Indonesia sendiri jurusan Hubungan Internasional pertama kali ada pada tahun 1950-an di Universitas Gadjah Mada (Sebastian & Lanti 2000 dalam Joko Susanto).
Kini institusi pendidikan yang menyediakan jurusan hubungan internasional semakin meningkat seiring dengan peningkatan jumlah peminatnya. 
Tidak sedikit yang menyingkat Hubungan Internasional dengan HI. Selain itu, lulusan sarjana ilmu HI biasanya menyandang gelar S.IP, S.Sos, S.Hub. Int atau tergantung dari kebijakan masing-masing Universitas.

Yang Dipelajari di Jurusan Ilmu Hubungan Internasional


Dijurusan ini pembaca jangan heran jika akan mempelajari tentang peran perusahaan-perusahaan, berbagai kelompok, ataupun individu terkenal baik itu politisi, pemuka agama, tokoh masyarakat, bisnisman dan artis dalam hubungan internasional. Mempelajari hubungan internasional ibarat mempelajari sebuah dunia kompleks dan luas. pembaca akan belajar isu-isu yang tidak melulu membahas tentang keterlibatan negara dan politik. Melainkan Anda juga akan membahas isu-isu lain seperti ekonomi, hukum, budaya, sosial, komunikasi, sastra bahkan isu-isu lain seperti pertanian, nuklir, teknik bahkan kedokteran.

Pembaca akan mempelajari berbagai perjanjian internasional dan kebijakan terkait isu-isu tersebut. contohnya saja terkait akan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) maka perawat dan akuntan akan disertifikasi. Kebijakan perihal sertifikasi profesi dalam implementasi Masyarakat Ekonomi ASEAN inilah yang akan menjadi concern pembaca yang mengambil Jurusan Hubungan Internasional. Demikian juga isu-isu lain terkait berbagai profesi dan bidang ilmu.

Prospek Kerja Bagi Lulusan Hubungan Internasional


Dalam bisnis dan akademis, sangat luas kesempatannya dengan syarat dan ketentuan berlaku, mengapa demikian? mari kita simak profesi yang bisa pembaca geluti setelah lulus dari jurusan Hubungan Internasional, syarat dan ketentuan berlakunya ada di bawah.

  1. ·         Negosiator: biasanya PR, pelobi, marketing
  1. ·         Diplomat - impian banyak orang untuk ditempatkan di berbagai negara atau organisasi internasional
  1. ·         Peneliti
  1. ·         Politisi/policy maker/birokrat
  1. ·         Media : jurnalis, wartawan
  1. ·         Translator
  1. ·         Akademisi : dosen, guru
  1. ·         Konsultan
  1. ·         Aktifis Non Governmental Organization (NGO)/ Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), International Non-Governmental Organization
  1. ·         Staff ahli pemerintahan
  1. ·         Pengusaha/entrepreuner/wiraswasta



Tempat Kuliah Jurusan Hubungan Internasional


1. Institut Ilmu Sosial Politik (IISIP)
2. Universitas Airlangga
3. Universitas Andalas
4. Universitas Al-Azhar Indonesia
5. Universitas  Al Ghifari
6. Universitas Brawijaya
7. Universitas  Budi Luhur
8. Universitas Cenderawasih
9. Universitas Gadjah Mada
10. Universitas Hasannudin
11. Universitas Indonesia
12. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta
13. Universitas Islam Negeri Surabaya
14. Universitas Jayabaya
15. Universitas Jember
16. Universitas Jenderal Ahmad Yani
17. Universitas Katholik Parahyangan
18. Universitas Komputer Indonesia
19. Universitas Kristen Indonesia 
20. Universitas Muhammadiyah Jakarta
21. Universitas Muhammadiyah Malang
22. Universitas MUhammadiyah Jogjakarta
23. Universitas Mulawarman
24. Universitas 45 Makassar
25. Universitas Nasional
26. Universitas Padjajaran
27. Universitas Paramadina
28. Universitas Pasundan
29. Universitas Pelita Harapan
30. President University
31. Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Jakarta
32. Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Jogjakarta
33. Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama
34. Universitas Rab Tabrani
35. Universitas Riau
36. Universitas Satya Negara Indonesia
37. Universitas Sains dan Tekhnologi Jayapura
38. Universitas Slamet Riyadi Surakarta
39. Universitas Sumatera Utara
40. Universitas Udayana
41.Universitas Wachid Hasyim 

Waktu studi JurusaHubungan Internasional


Seperti halnya studi S1 di Indonesia, itu jika kamu mengambil penuh dan ingin mendapatkan gelar cumlaude, setidaknya kamu menyelesaikan studi maksimal 4 tahun. Nah, di Paramadina tidak sedikit mahasiswa yang sudah menyelesaikan studi selama 3,5 tahun. Selah masa studi tersebut dapat kamu manfaatkan untuk kegiatan peningkatan kapasitas diri lainnya seperti ikut training, menjadi volunteer, les bahasa atau segera membangun karir.
Tapi ingat, indikator kesuksesan kamu setelah menyelesaikan studi hubungan internasional bukan sebatas pada gelar dan IPK (GPA) saja, karena mengingat kata-kata Bapak Anies baswedan bahwa IPK itu hanya mengantarkan anda pada tahap wawancara. Selebihnya bagaimana anda mengembangkan jiwa leadership dan aktif selama masa kuliah, bukan hanya di dalam kampus, tetapi juga di luar kampus dengan bergabung ke beberapa komunitas, organisasi, dan intitusi.

Demikian artikel saya kali ini semoga bisa bermanfaat dan menambah refrensi bagi pembaca sekalian yang ingin berkuliah di Jurusan Ilmu Hubungan Internasional. Jangan segan - segan untuk terus kunjungi blog saya Karyamud untuk mendapatkan artikel - artikel lainnya.......

Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar

Text Widget

Copyright © Ilmu Pengetahuan | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com