Blog yang menjelaskan berbagai hal mengenai Ebook, Teknologi, Info Jurusan dan lain - lain dari berbagai sumber.

Selasa, 31 Mei 2016

Apa itu Penyakit Amnesia? dan Pengobatan Rumah Untuk Amnesia


Amnesia

Assalamualaikum wr.wb

Hai pembaca sekalian, jumpa lagi dengan artikel saya kali ini, kali ini saya ingin membahas mengenai sebuah penyakit, yaitu penyakit Amnesia. Penyakit Amnesia adalah hilangnya memori (ingatan) pembaca yang disebabkan oleh cedera atau penyakit di wilayah otak tertentu yang berhubungan dengan pembentukan ingatan. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan Amnesia bagi pembaca adalah kepala terantuk meja atau terpukul, terjatuh di bagian kepala, stroke, perdarahan otak, dan berbagai kecelakaan yang mengenai bagian kepala/otak pembaca. belum lagi jika menengok penyebab lain yang berkaitan dengan faktor genetik dan atau degeneratif seperti penyakit Alzheimer, penyalahgunaan obat-obatan, dan trauma.

Jenis-Jenis Amnesia


Amnesia Anterograd

Anterograde amnesia, sering pula disebut amnesia maju. Tipe amnesia ini bukan sepenuhnya mengenai kehilangan memori di masa lalu, tetapi lebih kepada hilangnya kemampuan untuk menciptakan memori di masa setelah terjadinya peristiwa kecelakaan atau peristiwa tertentu. Sebagai contoh, ada seseorang yang mengalami kecelakaaan yang menyebabkan cidera otak pada tahun 2004. Dia masih sangat mampu mengingat semua nama keluarga, teman, kolega kerja, dan lain-lain yang dikenalnya sebelum peristiwa kecelakaan itu. Sebaliknya, dia akan sangat kesulitan mengingat nama-nama orang yang ditemuinya setelah peristiwa kecelakaaan itu, bahkan meskipun sudah bertemu berkali-kali.

Amnesia Disosiatif

Jenis amnesia yang satu ini memiliki perbedaan signifikan dengan jenis Amnesia lainnya, yaitu dalam hal penyebab terjadinya amnesia. Amnesia disosiatif jarang sekali ditemui sebagai akibat dari cedera otak atau penyakit tertentu, tetapi lebih disebabkan oleh fenomena psikologis, dimana yang terjadi adalah memori dapat terciptakan namun tidak dapat diingat kembali (tidak dapat dipaggil). Tipe amnesia ini umumnya diasosiasikan dengan peristiwa-peristiwa traumatis. Sebagai contoh adalah represi memori karena pelecehan seksual atau karena menyaksikan/mengalami sebuah peristiwa kekerasan.

Amnesia Retrograd

Dan Penyakit Amnesia yang ketiga adalah Retrograde Amnesia, atau biasa disebut juga sebagai amnesia mundur atau amnesia surut. Amnesia Retrograd adalah hilangnya memori atau bagian dari memori sebelum titik waktu tertentu. Amnesia jenis ini umumnya disebabkan oleh cedera otak atau kondisi akut seperti pendarahan otak dan stroke, dimana penderita tidak bisa mengingat memori sebelum terjadinya kecelakaan atau peristiwa tertentu. Tergantung dari parahnya cedera yang dialami, penderita amnesia retrograd mungkin tidak mengingat peristiwa-peristiwa pada periode terjadinya kecelakaan saja atau bahkan peristiwa-peristiwa yang lebih lama lagi (sebelum kecelakaan).

Jenis amnesia langka lainnya adalah psychogenic atau dissociative amnesia, yang terbentuk dari trauma, seperti korban dari tindak kejahatan. Gangguan ini dapat menyebabkan seseorang lupa kepribadian atau identitas diri, biasanya hanya dalam waktu singkat.

Penyebab Amnesia


Secara normal fungsi ingatan melibatkan banyak bagian di dalam otak, dan penyakit atau cedera apapun yang berefek pada otak dapat mempengaruhi ingatan kita. Amnesia dapat dihasilkan dari kerusakan struktur otak yang berbentuk sistem limbic, yang mengontrol emosi dan ingatan pembaca. Struktur ini terdiri dari thalamus, yang terdapat di dalam bagian tengah otak, dan hippocampal formation yang terletak di cuping pada otak pembaca.

Amnestic syndrome dikarenakan cedera otak atau kerusakan diketahui sebagai neurological atau organic amnesia. Penyebab yang mungkin neurological amnesia antara lain:
  • Stroke
  • Tidak cukup oksigen di dalam otak (sebagai contoh adalahserangan jantung, racun karbon monoksida atau sulit bernapas)
  • Tumor pada area otak yang mengontrol ingatan
  • Pembengkakan otak (encephalitis) dihasilkan dari infeksi virus seperti herpes simplex virus (HSV) atau sebagai reaksi otoimun terhadap kanker dibagian manapun di dalam tubuh (paraneoplastic limbic encephalitis, atau PLE)
  • Penyalahgunaan alkohol dalam jangka panjang yang menyebabkan kekurangan thiamin (vitamin B-1)
  • Penyakit penurunan kemampuan otak, seperti Alzheimer’s dan bentuk lain dari dementia

Cedera kepala dapat menyebabkan masalah dalam mengingat informasi baru, khususnya pada tahap awal penyembuhan –tetapi biasanya tidak menyebabkan amnesia yang parah.

Gejala Amnesia


Kebanyakan dari penderita penyakit Amnesia dengan amnestic syndrome, memiliki masalah dengan ingatan jangka pendek, yang mana mereka tidak dapat menerima informasi baru. Banyak juga yang memiliki beberapa tingat lemahnya daya ingat. Ingatan yang telah lampau seperti hilang, padahal masih ada dan tersimpan secara tidak disadari. Bagi beberapa dari penderita penyakit Amnesia, masih mampu mengingat pengalaman masa kecil atau mengetahui nama presiden sebelumnya, tetapi tidak dapat mengingat nama presiden pada saat ini atau contoh lain adalah apakah mereka sudah sarapan.

Hilang ingatan tidak berpengaruh pada kecerdasan seseorang, pengetahuan umum, kesadaran, perhatian, penilaian, kepribadian atau identitas. Penderita dengan amnestic syndrome biasanya dapat mengerti cara menulis atau berbicara dan dapat belajar kemampuan seperti bersepeda atau bermain piano. Penderita juga dapat mengerti bahwa mereka mengalami gangguan ingatan.

Amnesia tidak sama dengan dementia. Dementia sering terkait dengan hilang ingatan, tetapi juga masalah kognitif lain yang signifikan yang menyebabkan kemunduran kemampuan dalam aktifitas harian. Pola ini juga biasanya adalah gejala umum dari mild cognitive impairment (MCI), tetapi ingatan dan masalah kognitif lainnya pada MCI tidak separah seperti pada dementia.

Pengobatan Amnesia :


Ada beberapa pengobatan rumah yang dapat pembaca/penderita terapkan apabila menderita penyakit Amnesia, yang terbukti berguna dalam mengobati amnesia. Pengobatan rumah ini bisa membantu meningkatkan kewaspadaan mental dan meningkatkan sistem saraf.

7 Pengobatan Rumah untuk Amnesia

Ada berbagai obat herbal untuk meningkatkan daya memori serta membantu pembaca/penderita pulih dari Amnesia

1.Mengkonsumsi sejumlah makanan yang kaya fosfor seperti sereal, kacang-kacangan, kuning telur, jus buah anggur dan jeruk, susu sapi kacang dll biasanya cukup membantu untuk mengembalikan ingatan penderita Amnesia.

2.Sering mengkonsumsi Kenari adalah cara lain untuk meningkatkan memori.

3.Basil dengan nama ilmiah Ocimum basilicum merupakan jenis tumbuhan yang daunnya bermanfaat untuk meningkatkan memori. Anda bisa merebus daun, dijadikan jus atau mengkonsumsi langsung daun Basil ini setelah selesai dicuci.

4.Minum teh Rosemary dua kali dalam sehari bisa membantu pemulihan dari Amnesia yang belum begitu parah.

5.Rendam 5-6 almond dalam air selama 12 jam, setelah itu digiling hingga halus lalu mememakannya. Penderita juga bisa mengkonsumsinya tanpa digiling.

6.Perubahan kebiasaan hidup seperti berhenti merokok, berhenti minum alkohol juga dapat membantu dalam penyembuhan Amnesia.

7.Pasien yang menderita Amnesia berat, untuk mengingatkan tentang suatu dan tempat peristiwa harus dibawa ketempat kejadian untuk membantu penderita dalam mengembalikan ingatan mereka.

Amnesia dapat bersifat permanen ataupun bisa hanya sementara saja, dan untuk melakukan pemulihan, cobalah 7 Pengobatan Rumah untuk Amnesia diatas, siapa tahu dapat membantu pembaca/penderita untuk mengatasi Amnesia.

Demikianlah artikel saya kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian dan dapat menambah pengetahuan bagi pembaca. Kunjungi terus blog karyamud untuk mendapatkan artikel - artikel lainnya.

Wassalamualaikum wr.wb


0 komentar:

Posting Komentar

Text Widget

Copyright © Ilmu Pengetahuan | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com